Senin, 12 Maret 2012

Remote Televisi



Sejarah  remote televisi

Dengan adanya penemuan Remote televisi sangat memudahkan manusia untuk memilih atau menganti chanel tv  selain itu  penikmat televisi akan mendapatkan tingkat kenyamanan yang lebih saat mereka sedang menonton televisi. Tahu kah anda bagaimana sejarah penemuan remote televisi?
Zenith radio corp merupakan pengembang remote televisi yang pertama yaitu tepatnya pada tahun 1950,merk dagang pertama remote tersebut adalah Lazy Bones. Namun sayangnya dalam pengoprasian remote ini dirasa masih kurang efisien karena masih menggunakan kabel yang dihubungkan dengan tv. Hal tersebut mendorong Zenith pada tahun 1955 untuk menghilangkan kabel dan menggantinya dengan teknologi cahaya. Cara kerjanya, seberkas cahaya dipancarkan dari modul remote untuk mengendalikan sel photo yang terdapat pada TV. Sayangnya penemuan ini masih memiliki kekurangan. Terkadang saat terkena lampu ruangan ataupun sinar matahari saluran atau volume pada tv dapat berubah dengan sendirinya. Hal tersebut terjadi karena sel foto pada tv kurang bisa mengenali mana cahaya yang datang dari remote itu sendiri atau dari sumber lainnya.
Upaya untuk menyempurnakan remote televisi masih terus dilakukan. Pada tahun 1956 Robert Adler mencoba untuk menggunakan gelombang ultrasonik. Pada modul remote terdapat piezoelektrik
penghasil gelombang ultrasonik,sedangkan pada TV tertanam mikrofon yang telah di tune pada frekuensi yang sama. Namun sayangnya teknologi ini ini masih rentan akan interferensi frekuensi.


Penemu remote televisi
Robert Adler adalah orang yang sangat berjasa dalam penemuan remote televisi karena beliaulah yang telah menyempurnakan penemuan remote televisi. Berkat jasanya kita dapat menonton televisi dengan praktis tak hanya itu penamuannya juga mempengaruhi peradaban umat manusia. Temuan Robert adler itu diperkenalkan pada tahun 1956 dan diberi nama space command. Remote ini memang belum bisa dikatakan sempurna karena dilihat dari beratnya saja jelas terasa tidak nyaman. Bayangkan saja beratnya mencapai 1 kg ( sekitar 8 ons) dan tahu kah anda berapa harga remote saat itu? Harganya mencapai 100 dolar AS pada saat itu. Dan setara dengan sepertiga harga pesawat televisi. Meskipun demikian, penemuan space command ini merupakan puncak penampilan dari sebuah pencarian yang panjang.  Cara kerja spase command ini menggunakan ultrasonikatau suara frekwensi tinggi yang dihasilkan dengan cara menekan tombol yang terbuat dari lempengan aluminium tipis. Remote ini tidak membutuhkan beterai dan tidak berisik. Teknologi yang digunakan pada remote ini menjadi standar industri pertelevisian hingga tahun 1980-an, ketika sinyal inframerah menjadi standar remote yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar